Atletik dan Sejarahnya

Tidak banyak yang tahu sejarah atletik bermula. Namun pamornya sebagai salah satu cabang olahraga tidak perlu diragukan lagi. Aletik adalah salah satu cabang olahraga yang meliputi banyak jenis olahraga. Karena tidak terlalu memerlukan alat-alat yang rumit, cabang olahraga ini sangat digemari berbagai kalangan. Bahkan disetiap sekolah sejak tingkat dasar, atletik adalah salah satu cabang olahraga yang wajib dikenalkan. Karenanya taletik menjadi cabang olahraga yang banyak sekali peminatnya.

Asal Kata Atletik
Berdasarkan sejarahnya atletik berasal dari kata dalam bahasa Yunani yakni athlon atau athlum. Athlon atau athlum dalam bahasa Yunani sendiri memiliki arti pertandingan, perjuangan, perlombaan sampai pergulatan. Saat itu atletik dikenal sebagai olahraga pentathlon. Dalam perkembangannya atletik dilombakan dalam beberapa nomor olahraga meliputi lari, lempar dan lompat.

Perkembangan atletik dimulai ketika atletik dilombakan dalam olimpiade pertama yakni pada tahun 776 SM. Kala itu atletik yang lebih dikenal sebagai cabang olahraga pentathlon dipertandingkan dalam olimpiade tersebut. Dan siapa saja yang menjuarai pentathlon akan dinyatakan sebagai juara dari olimpiade tersebut. Perkembangan sejarah atletik selanjutnya ditandai dengan dijadikannya marathon (nomor lari atletik) menjadi olahraga puncak sekaligus penutup keseluruhan rangkaian pertandingan olahraga yang dilakukan dalam olimpiade. Sejak saat itu sampai sekarang atletik adalah cabang olahraga yang selalu dipertandingkan dan diperebutkan juaranya dalam olimpiade. Dan perkembangan atletik semakin tidak terbendung dengan terbentuknya organisasi olahraga yang mengurusi atletik internasional yakni International Amateur Athletic Federation (IAAF) pada tanggal 17 Juli 1912 di Stockholm Swedia.

Perkembangan Atletik di Indonesia
Di Indonesia sendiri, perkembangan atletik tidaklah meriah seperti yang terjadi di belahan dunia lainnya. Namun karena atletik adalah cabang olahraga yang nomor-nomor olahraga yang dilombakan sangat merakyat, membuat atletik sangat digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Apalagi sejak terbentuknya organisasi sejarah atletik di Indonesia yaitu PASI ((persatuan atletik seluruh Indonesia). Rasanya sudah banyak anak-anak yang menyukai lari sejak dini. Dibeberapa sekolah dasar pelosok, lari adalah salah satu nomor atletik yang sangat banyak memiliki pontensi prestasi. Sehingga banyak potensi atlet cabang atletik datangnya dari daerah.

Rifki Payobadar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>