Cabang Olahraga Atletik

Olahraga atletik adalah olahraga yang gerakan dasarnya dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti berjalan, berlari, melompat, dan lain-lain. Cabang olahraga atletik banyak macamnya, namun dapat dikelompokkan dalam kelompok besar yaitu lari, lempar, dan lompat. Cabang tersebut pun masih mempunyai kelompok-kelompok kecil di dalamnya. Berikut uraiannya.

Lari

Lari merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang paling mudah dilakukan. Banyak orang melakukan olahraga ini karena mudah, tak perlu biaya, dan dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Lari juga sangat efektif untuk membakar kalori dalam tubuh, sehingga tak heran jika banyak orang melakukan olahraga ini sebagai bagian dari program penurunan berat badan. Lari dibedakan menjadi beberapa macam, di antaranya sprint (lari jarak pendek), marathon (lari jarak jauh), lari jarak menengah, lari estafet, dan lari halang rintang.

Lompat

Olahraga lompat merupakan gerakan yang mendorong tubuh dengan gaya tolakan kemudian melayang di udara lalu mendarat ke satu titik. Kaki tumpuan pada cabang atletik ini bisa dengan satu kaki atau kedua kaki. Jenis dari olahraga lompat juga bermacam-macam, di antaranya lompat tinggi, lompat jauh, lompat galah, dan lompat jangkit. Lompat tinggi menekankan pada ketinggian setinggi mungkin, sedangkan lompat jauh menekankan pada jarak sejauh mungkin. Lompat galah mirip seperti lompat tinggi namun dengan bantuan galah, sedangkan lompat jangkit mirip dengan lompat jauh namun ancang-ancangnya dilakukan dengan tiga kali lompatan.

Lempar

Cabang olahraga atletik selain lari dan lompat adalah lempar. Olahraga ini dilakukan dengan melemparkan sesuatu untuk mencapai jarak sejauh mungkin. Olahraga lempat dibedakan menjadi dua yaitu lempar lembing dan lempar cakram. Perbedaannya terletak pada benda yang dilempar. Lempar lembing menggunakan objek lembing untuk dilempar. Lembing adalah tombak yang terbuat dari logam. Untuk pria, ukuran lembing yang harus dilempar adalah 2,7 meter dengan berat 800 gram. Sedangkan untuk wanita, panjangnya 2,3 meter dan berat 600 gram. Pada lempar cakram, objek yang dilempar adalah cakram. Cakram berbentuk seperti piringan dengan berat 2 kg untuk pria dan 1 kg untuk wanita. Diameter cakram adalah 220 mm untuk pria dan wanita.

This slideshow requires JavaScript.

Rifki Payobadar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>