Sejarah dan Perkembangan Olahraga Lari

Rasanya tidak ada manusia di dunia ini yang tidak mengenal atletik lari. Olahraga satu ini sangat populer diberbagai kalangan dan juga diberbagai jenjang usia. Bahkan lari adalah olahraga yang wajib dikenalkan sejak dini melalui pendidikan dasar di sekolah. Olahraga yang tidak memerlukan alat dan uang ini sangat mudah dilakukan. Bahkan semua anak pelosok negeri sangat menyukai olahraga ringan ini. Sehingga potensi atlet lari banyak berdatangan dari pelosok-pelosok desa dimana lari adalah olahraga yang sangat berkembang pesat.

Sejarah Lari

Tidak sama dengan sejarah atletik yang sudah banyak dituliskan dalam sejarah, sejarah lari justru tidak banyak diketahui banyak orang. Tidak jelas bagaimana lari ini lahir karena lari itu sendiri merupakan salah satu fase perkembangan manusia. Karena merupakan fase perkembangan manusia, lari menjadi tidak istimewa dan dianggap biasa saja. Tidak jelas bagaimana lari ini menjadi sebuah ajang perlombaan dan bukannya hanya aktifitas manusia.

Namun ada juga yang mengatakan bahwa sejarah lari dimulai dari kemenangan tentara Yunani dari tentara persia. Kabar kemenangan ini harus disampaikan ke ibukota Yunani dengan cara berlari sejauh 40 km. Dan penyampai pesan berhasil tiba di ibukota dalam sehari dan setelah menyampaika kabar kemenangan, dia meninggal. Untuk mengenang jasa penyampai pesan ini, sejak itu atletik lari dijadikan sebuah lomba.

Perkembangan Lari Modern

Perkembanga lari dalam dunia modern ini adalah dengan diikutkannya lari menjadi satu dari beberapa nomor atletik dalam olimpiade dunia. Dan sekarang ini lari telah digolongkan dalam 3 jenis sebagai berikut:

1.   Jarak pendek (sprint). Lari jarak pendek biasanya ditempuh dalam jarak yang pendek. Dan untuk lari jarak pendek ini dibagi dalam jarak 50m, 55m, 60m, 100m, 150m, 200m, 300m, 400m dan 500m.

2.   Jarang sedang (midle distance). Lari jarak menengah dilakukan dalam jarak lebih dari 500m yang dimiliki oleh sprint. Lari jarak menengah dilakukan dalam 800m, 1500m dan 3000m.

3.   Jarak jauh (long distance/ marathon). Atletik lari jarak jauh ini dilakukan dalam jarak 5000m, 10000m, half marathon dan juga marathon.

This slideshow requires JavaScript.

Rifki Payobadar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>